Rabu, 09 Desember 2009

UFORIA WISUDA DAN JUDUL SKRIPSI

Sudah menjadi Tradisi masyarakat UNS bila hari yang paling bersejarah bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan studinya di kampus jatuh pada hari Kamis.ya hari Kamis. setelah UNS membuat kebijakan kuliah yang dahulunya sampai hari Sabtu,Kini telah berubah sampai hari Jum'at. entah atas tendensi apa akhirnya di ubah. beberapa mahasiwa mengatakan bahwa dengan diliburkannya hari Sabtu dan memadatkan aktivitas kuliah di hari- hari lainnya, praktis mahasiswa akan sangat disibukkan dengan aktivitas kuliah, mulai mengerjakan tugas,sistem kuliah yang mengharapakan mahasiswa selalu harus masuk,dll. hal ini yang membuat beberapa mahasiwa khawatir kalau banyak mahasiwa yang akan ikut organisasi.
pendapat beberapa mahasiswa malah sebaliknya, merasa senang menyambut kebijakan ini, disamping hari kuliah semakin sedikit, tugas- tugas bisa diselesaikan di hari sabtu- minggu, serta masa libur yang bertambah panjang. entahlah semoga masing- masing mahasiswa bisa menyikapi "masalah" ini.
Balik ke topik, so jadinya hari skripsi diganti hari Kamis. nah, karena tradisi UNS juga kalau skripsi dilakukan minimal 3 kali dalam setahun khusus buat mahasiswa SI, makanya mahasiswa tinggal milih mau wisuda kapan.
Tidak seperti biasanya, wisuda akhir tahun ini memberi kenangan tersendiri buat mahasiswa Psikologi, entah karena banyaknya mahasiswa yang wisuda, entah karena masa-masa itu telah dekat. setiap mahasiswa tersibukkan dengan dunianya masing-masing.
bagi kita- kita yang sudah memasuki semester 7 masa- masa wisuda adalah momok yang sangat menakutkan. Mengapa demikian? Karena di masa- masa inilah jenjang studi yang dialami telah mendekati Masa pengambilan Skripsi, bahkan ada beberapa mahasiswa yang telah mengambilnya, disisi lain kita telah melewati persiapan- persiapan dalam tahap ini, baik secara teori (hampir semua yang berkaitan dengan Psikologi) maupun secara metodologi(kualitatif, kuantitatif, Statistik, Konstruksi Tes dan Skala Psikologi,dll), dan jelas kita telah merasakan betapa berat itu semua. Uforia wisuda ini telah melengkapi kegelisahan kita. Dimana dilain hal kita akan merasakan betapa “nikmat”nya proses Skripsi, dilain pihak kita dipertontonkan dengan “kebahagian” Wisuda. Orang tua datang dan memberi semangat, didandani (walaupun yang ini tak harus dilakukan)... hal ini memberikan ketegangan.
Nah hubungannya sama aku apa?? Pasti ini yang udah di harap- harap dari tadi. Hubungannya sama aku. Pertama, Alhamdulillah sekarang udah hampir melewati Semester 7 (mau ke semester 8) bayangkan disaat teman-teman udah pada ngambil aku masih “menikmati” kuliah bareng adek- adek, he. Kedua, siapa seh yang gak pengen cepat lulus,, hehe..

oops, ternyata dosen udah masuk, padahal masih harus mengupas Judul skripsi neh,,,

(bersambung)

Tidak ada komentar: